Pengelolaan kegiatan pembelajaran RA Hidayatun Najah menggunakan pendekatan belajar melalui bermain yang dirancang agar tercipta suasana yang menyenangkan, fungsional dan efektif dalam proses pembelajaran serta memberikan pengalaman belajar pada anak dengan memperhatikan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, alam sekitar dan seni yang berkembang secara dinamis, maka RA Hidayatun Najah menerapkan model pembelajaran sentra yang berisi berbagai aktifitas sebagai pemenuhan keragaman kegiatan (densitas) dan alokasi waktu yang dibutuhkan (intensitas).

Model Pembelajaran Sentra yang diterapkan di RA Hidayatun Najah adalah :

  •  Sentra Bahasa dan Peran

Sentra bahasa dan peran lebih menekankan kegiatan dan pengetahuan mambangun imajinasi, daya hidup, adaptasi, kemandirian, kebahasaan dan kepemimpinan.

  • Sentra Ibadah

Sentra ibadah bertujuan agar peserta didik dapat mengembangkan kemampuan beragama sejak dini dan dapat membentuk pribadi yang cerdas dan berperilaku sesuai norma agama.

  • Sentra Kreatifitas

Sentra kreatifitas ini menstimulus anak untuk menghargai dan mencintai keindahan dalam ciptaan Allah SWT. Anak dibiasakan untuk selalu berkreasi menciptakan

sesuatu yang baru. Dengan dilatih untuk kreatif, anak akan dapat mengoptimalkan potensinya. Melalui pengalaman keseniannya, anak dapat mengembangkan kontrol motorik halus.

  • Sentra Persiapan

Sentra persiapan lebih menekankan pengenalan keaksaraan awal pada anak. penggunaan buku, alat tulis dapat dilakukan di semua sentra, tetapi di sentra persiapan lebih diperkaya jenis kegiatan bermainnya. Pada kelompok anak paling besar yang segera masuk sekolah dasar, frekuensi main di sentra persiapan lebih banyak. Kegiatan persiapan dapat juga diperkuat dalam jurnal siang.

  • Sentra Bahan Alam

Sentra bahan alam kental dengan pengetahuan sains, matematika, dan seni. Sentra bahan alam diisi dengan berbagai bahan main yang berasal dari alam, seperti air, pasir, bebatuan, daun. Di sentra bahan alam anak memiliki kesempatan menggunakan bahan main dengan berbagai cara sesuai pikiran dan gagasan masing-masing dengan hasil yang berbeda. Gunakan bahan dan alat yang ada disekitar. Perhatikan keamanannya. Bahan dan alat yang digunakan harus bebas dari bahan beracun atau binatang kecil yang membahayakan